I'M Lukman Syahrudin

Love Music, Love Photography, Love Travelling

Selasa, 11 Desember 2018

Cara Merubah Partisi Disk dari MBR ke GPT atau Sebaliknya

Bagi Anda yang sering bergelut dengan partisi hard disk, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah GPT. Ya, GPT atau GUID partition table merupakan sebuah format partisi terbaru yang mulai populer belakangan ini. GPT mulai menggeser format MBR (Master boot record) yang sebelumnya banyak digunakan untuk partisi hard disk. 

Popularitas tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, format GPT memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan MBR. Salah satunya adalah kemampuan untuk membuat lebih dari 4 partisi primer sekaligus. Selain itu jika Anda memiliki hard disk dengan kapasitas lebih dari 2 TB, maka secara otomatis Anda juga harus menggunakan partisi GPT karena partisi MBR tidak mendukungnya. 

Bagi pemilik hard disk baru mungkin cukup mudah untuk memilih langsung format GPT untuk hard disknya. Namun bagaimana dengan pemilik hard disk lama yang sudah menggunakan format MBR dan ingin beralih ke format GPT? Pasti pusing tujuh keliling. Windows memiliki fitur Windows Disk Management yang memungkinkan Anda untuk mengubah format partisi dari MBR ke GPT. Namun sayangnya, Anda harus menghapus semua data terlebih dahulu sebelum merubahnya. Jika tidak ingin kehilangan data, maka Anda harus membackup-nya terlebih dahulu ke hard disk yang lain. Sangat merepotkan bukan? 

Lantas adakah cara mengubah partisi hard disk  dari MBR ke GPT tanpa perlu kehilangan data di dalamnya? Tentu saja ada. Ya, saat ini ada software dari Mini Tool. Dengan software tersebut Anda bisa dengan mudah mengubah partisi MBR ke GPT tanpa khawatir akan kehilangan data.


  1. Unduh MiniTool Partition Wizard disini
  2. Salin image ISO yang Anda unduh ke dalam CD atau USB Flash Drive (bisa menggunakan Rufus)
  3. Lakukan proses booting melalui CD tersebut atau USB Flash Drive Anda, dengan memilih medium tersebut sebagai Primary Boot Device pada UEFI/BIOS Setup.
Anda akan disuguhi beberapa tampilan berikut:

Pilih menu “Boot from Partition Wizard Boot Disc”. Bila gagal, maka gunakan pilihan menu yang kedua, “Boot from Partition Wizard Boot Disc (Safe Mode)”.






Tampilan booting MiniTool Partition Wizard Boot Disk
Tampilan booting MiniTool Partition Wizard Boot Disk

Pilihlah resolusi layar yang Anda kehendaki. Memang hanya ada dua pilihan layar, 1024×768 (XGA) dan 800×600 (SVGA). Namun, memang dua resolusi tersebut dirasa cukup memadai.





Pemilihan jenis resolusi layar
Pemilihan jenis resolusi layar

Berikutnya yang akan tampil adalah program utama MiniTool. Pilihlah salah satu hard disk yang hendak Anda ubah menjadi GPT, bukan pada salah satu partisi, dan pada panel operation di samping kanan, pilih menu “Convert MBR disk to GPT disk” atau “Convert GPT disk to MBR”. di contoh ane lagi ngerubah MBR ke GPT jadi gambarnya gitu, kalo partisi sekarang GPT maka tulisannya GPT to MBR dan sebaliknya gan





Tampilan utama MiniTool Partition Wizard untuk Mengubah MBR menjadi GPT.
Tampilan utama MiniTool Partition Wizard untuk Mengubah MBR menjadi GPT.

Tunggu prosesnya hingga selesai, dan saat selesai, you’re done. 
Restart komputer anda.

Terima kasih atas kunjungannya ke blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Start Work With Me